latest Post

TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI


PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI



       Asustek Computer Inc. ditulis dengan gaya huruf kapital ASUS, adalah sebuah perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Asus belakangan ini mulai memproduksi PDA, Telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer lainnya. Pesaing utamanya termasuk MSI, dan Gigabyte.

Display
Resolusi Layar atau mode tampilan televisi digital, layar monitor adalah jumlah pixel yang berbeda pada setiap dimensi yang dapat ditampilkan. Ini bisa menjadi istilah yang ambigu terutama karena resolusi yang ditampilkan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berbeda dalam cathode ray tube (CRT),monitor layar datar (termasuk LCD) tampilan proyeksi menggunakan gambar elemen susunan tetap (pixel).
       Hal ini biasanya dinyatakan sebagai Lebar × Tinggi, dengan satuan di pixel: misalnya, "1024×768" berarti lebarnya adalah 1024 pixel dan tingginya 768 pixel.
       Salah satu penggunaan istilah “resolusi Tampilan” berlaku untuk susunan yang menampilkan pixel tetap seperti plasma display panel (PDP), liquid crystal display (LCD), digital light processing (DLP) proyektor, atau teknologi serupa, dan hanya jumlah fisik kolom dan baris dari pixel yang menciptakan tampilan (misal, 1920×1080).

CPU From Intel
       Intel Corporation (NASDAQ: INTC; didirikan 1968) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.
       Intel mengganti logo dan slogannya pada 2 Januari 2006. Slogan lamanya "Intel inside" diganti dengan "Leap ahead".

Graphic NVIDIA GeForce
       NVIDIA GeForce itu adalah hardware yang berfungsi sebagai kartu grafis. kegunaannya sebagai render grafis. tentunya gambar yang dihasilkan semakin baik daripada chip onboard. apalagi untuk memainkan game terkini, tentunya dibutuhkan vga yang cukup mumpuni. 
       Vga (merk nvidia,ATI) dipasang pada slot motherboard. slot vga terdiri dari berbagai macam seperti agp, pci, dan pci-e. jadi kamu harus liat slot vga tersebut apakah AGP atau PCI (yang terbaru pci-e), lalu cari motherboard yang mendukungnya. 
      Berikut adalah Contoh Chipset Grafik NVIDIA GeForce :
       GeForce 256 - mendukung DirectX 7, perubahan perangkat keras dan pencahayaan, memperkenalkan dan mendukung memori DDR .
       GeForce 2 - mendukung DirectX 7
       GeForce 3 - mendukung DirectX 8.0, memiliki kelebihan pada arsitektur penyimpanan memori bandwith

Memory
       Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit).

ODD (Optical Disk Drive)
       Seperti halnya ukuran Harddisk pada laptop, ukuran ODD pada Laptop pun juga kecil, fungsi ODD pada laptop sama dengan PC dekstop yaitu untuk membaca dan menulis CD ataupun DVD tergantung optical yang terpasang.
Pada Netbook tidak dilengkapi perangkat ODD, karena ukuran Netbook yang terlalu kecil sehingga tidak memungkinkan adanya perangkat ODD di Netbook

Wi-Fi
Wi-Fi adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Meski begitu, karena kebanyakan WLAN zaman sekarang didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN".
Sebuah alat yang dapat memakai Wi-Fi (seperti komputer pribadi, konsol permainan video, telepon pintar, tablet, atau pemutar audio digital) dapat terhubung dengan sumber jaringan seperti Internet melalui sebuah titik akses jaringan nirkabel. Titik akses (atau hotspot) seperti itu mempunyai jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan. Cakupan hotspot dapat mencakup wilayah seluas kamar dengan dinding yang memblokir gelombang radio atau beberapa mil persegi — ini bisa dilakukan dengan memakai beberapa titik akses yang saling tumpang tindih.


HDMI (High-Definition Multimedia Interface)
       HDMI adalah salahsatu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).
       Konektor HDMI Tipe A standar mempunyai 19 pin, sedangkan versi resolusi yang lebih tinggi yang disebut Tipe B telah didefinisikan, walaupun belum digunakan secara umum. Tipe B mempunyai 29 pin, yang mampu membawa kanal video expanded untuk digunakan dengan tampilan beresolusi tinggi. Tipe B dirancang untuk mendukung resolusi yang lebih tinggi dari 1080p.

DOS (Disk Operating System)
       Disk Operating System (disingkat DOS) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan.
       Keluarga DOS terbagi menjadi beberapa kelas, yakni:
       MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.
       IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.
       DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.
       Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).
       Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.
       FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source.

BATTERY/BATERAI
       Battery/baterai merupakan komponen yang sangat penting didalam laptop. Fungsi utamanya adalah sebagai penyimpan daya listrik, kemudian dari daya yang disimpan tersebut digunakan untuk menyuplai laptop agar bisa dihidupkan. Meskipun tanpa arus langsung dari charger, laptop bisa dihidupkan asalkan battery/baterai telah terisi, dan kondisinya masih bagus tentunya.
       Baterai listrik adalah alat yang terdiri dari 2 atau lebih sel elektrokimia yang mengubah energi kimia yang tersimpan menjadi energi listrik. Tiap sel memiliki kutub positif (katoda) dan kutub negatif (anoda). Kutub yang bertanda positif menandakan bahwa memiliki energi potensial yang lebih tinggi daripada kutub bertanda negatif .

About Unknown

Unknown
Recommended Posts × +

0 komentar: